Mengenal Apa Itu Maritim dan Sejarahnya

Sejarah maritim artinya studi ihwal hubungan insan dengan serta kegiatan di laut. Ini meliputi elemen tematik sejarah yang luas yg acapkali memakai pendekatan dunia, meskipun sejarah nasional dan regional tetap dominan.

Menjadi subjek akademis, tak jarang melintasi batas disiplin baku, menggunakan fokus pada pemahaman berbagai korelasi manusia Slot Online menggunakan samudra, bahari, dan jalur air primer dunia. Sejarah bahari mencatat dan menafsirkan insiden masa kemudian yang melibatkan kapal, pelayaran, navigasi, dan pelaut.

Sejarah maritim adalah subjek menyeluruh yg luas yg mencakup penangkapan ikan, perburuan paus, aturan maritim internasional, sejarah angkatan laut, sejarah kapal, desain kapal, pembuatan kapal, sejarah navigasi, sejarah aneka macam ilmu terkait maritim (oseanografi, kartografi, hidrografi , dll.).

Eksplorasi bahari, ekonomi serta perdagangan maritim, pelayaran, kapal pesiar, resor tepi laut, sejarah mercusuar serta alat bantu navigasi, tema maritim dalam sastra, tema maritim dalam seni, sejarah sosial pelaut serta penumpang serta yg terkait dengan bahari komunitas.

Terdapat sejumlah pendekatan ke lapangan, kadang-kadang dibagi sebagai dua kategori besar : Tradisionalis, yang berusaha buat melibatkan khalayak kecil dari akademisi lain, serta Utilitarian, yg berusaha buat mempengaruhi pembuat kebijakan serta khalayak yang lebih luas.

Umumnya, studi ihwal pelayaran niaga dan angkatan bahari defensif ditinjau menjadi bidang yang terpisah. Saluran air pedalaman termasuk dalam ‘sejarah maritim’, terutama laut pedalaman mirip Great Lakes pada Amerika Utara, dan sungai serta kanal utama yang bisa dilayari pada seluruh global.

Zaman prasejarah

Tunggangan air seperti rakit serta bahtera telah dipergunakan jauh sampai zaman prasejarah dan bahkan mungkin oleh Homo erectus lebih asal satu juta tahun yang lalu melintasi selat pada antara daratan

Zaman antik

Sepanjang sejarah, berlayar telah berperan krusial dalam pengembangan peradaban, memberikan gerak yang lebih besar bagi umat manusia daripada bepergian melalui darat, baik untuk perdagangan, transportasi atau peperangan, dan kapasitas buat memancing. Representasi paling awal asal sebuah kapal pada bawah layar muncul di piringan bercat yg ditemukan di Kuwait yg asal berasal akhir milenium ke-lima SM

Usia Navigasi

di 1000 SM, Austronesia di Kepulauan Asia Tenggara telah terlibat dalam perdagangan maritim reguler dengan Cina, Asia Selatan, serta Timur Tengah, memperkenalkan teknologi berlayar ke daerah ini. [rujukan?] Mereka juga memfasilitasi pertukaran tumbuhan budidaya, memperkenalkan Pasifik kelapa, pisang, dan tebu ke anak benua India, beberapa pada antaranya akhirnya mencapai Eropa melalui pedagang Persia serta Arab darat.

Sebuah catatan Cina pada tahun 200 M mendeskripsikan galat satu kapal Austronesia, yang diklaim kunlun bo atau k’unlun po (崑崙舶, lit. “kapal orang Kunlun”).

Mungkin pula “kolandiaphonta” yg dikenal oleh orang Yunani. [rujukan?] Ini mempunyai 4-7 tiang dan mampu berlayar melawan angin karena penggunaan layar tanja. Kapal-kapal ini mencapai Madagaskar dengan ca. 50-500 M serta Ghana di abad ke-8 M.

Nah itu dia guys sejarah dari maritim dan pengertian dari maritim. Tentu saja maritim atau perairan ini adalah salah satu penggalan sejarah yang dibuat Tuhan sejak sebelum manusia hadir di Dunia dengan maksud dan tujuan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.