Perbedaan Samudra Dan Laut

Sebagian besar air Bumi disimpan di samudra, laut, dan teluknya yang merupakan 96,5% dari 1,36 miliar ton air. Secara geografis, lautan menutupi sebagian besar Bumi. Sekitar 71% permukaan bumi ditutupi oleh lautan menurut berita sbobet88.

Lautan dunia memasok setidaknya setengah dari oksigen dunia dan menyimpan sekitar 50 kali lebih banyak karbon daripada atmosfer. Lautan juga mempengaruhi iklim bumi melalui perpindahan panas yang konstan dari Khatulistiwa menuju kutub. Penguapan dari permukaan laut membawa hujan ke sebagian besar permukaan daratan bumi.

Perbedaan Samudra Dan Laut

Apa Pengertian Laut dan Laut?

Sementara beberapa menggunakan istilah laut dan laut secara bergantian, ada perbedaan dalam definisi geografis dari kedua istilah tersebut. Lautan mewakili perairan terbuka yang jauh lebih besar daripada laut. Menurut definisi, laut adalah bagian yang lebih kecil dari lautan dan biasanya sebagian ditampung oleh area daratan. Oleh karena itu, semua laut ditemukan di daerah di mana laut dan daratan bertemu. Laut biasanya sebagian tertutup oleh daratan.

Contoh Lautan dan Lautan di Peta

Peta di bawah ini menunjukkan lokasi Laut Chukchi, Laut Bering, dan Laut Okhotsk di Samudra Pasifik bagian utara. Ketiga laut tersebut sebagian tertutup oleh daratan.

Dalam contoh di bawah ini, Samudra Hindia ditampilkan sebagai perairan terbuka. Dua wilayah perairan yang sebagian tertutup oleh daratan diberi nama Laut Merah dan Laut Oman.

Laut Sargasso adalah Satu-satunya Laut Tanpa Batas Darat

Satu pengecualian untuk definisi laut ini adalah Laut Sargasso. Laut Sargasso adalah laut di dalam lautan terbuka.

Pasifik: Ini adalah lautan terbesar yang terbentang antara Australia, Asia, dan Amerika. Itu bertemu dengan Samudra Atlantik di Cape Horn di Amerika Selatan.

Atlantik: Samudra terbesar kedua mengelilingi Amerika, Afrika, dan Eropa. Di Tanjung Agulhas di selatan Afrika, Samudra Atlantik bertemu dengan Samudra Hindia.

Apa itu Laut?

Hamparan air asin yang menutupi sebagian besar permukaan bumi dan mengelilingi daratannya disebut Laut. Laut adalah bagian dari lautan yang sebagian dikelilingi oleh daratan. Namun, ada kasus di mana laut benar-benar terkurung daratan, misalnya Laut Kaspia.

Apa itu Samudera?

Lautan adalah badan air yang menyusun sebagian besar hidrosfer planet. Lebih dari 70% permukaan bumi ditutupi dengan lautan. Ada lima samudra di dunia, yaitu samudra pasifik, samudra atlantik, samudra arktik, samudra hindia, dan samudra antartika.

Badan air merupakan akumulasi air di permukaan bumi. Kami merujuk istilah ini ke samudra, laut, dan lainnya. Itulah mengapa penting untuk memahami perbedaan antara laut dan laut. Ini akan membantu kita dalam membersihkan banyak kesalahpahaman. Lautan adalah perairan luas yang menutupi sekitar 70% permukaan bumi. Di sisi lain, laut adalah badan yang lebih kecil yang sebagian tertutup daratan. Jadi, Anda melihat bahwa lima samudra di bumi kita hanyalah satu badan air besar yang saling berhubungan. Sebaliknya, kita memiliki sekitar 50 laut kecil yang tersebar di seluruh dunia. Kita akan dapat mempelajari perbedaan mereka ketika kita melihat lebih dekat pada kedalaman, wilayah, dan kehidupan laut mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.